Kamis, 19 November 2015

Cara Membersihkan Virus Malware Atau Virus Facebook


Sebelumnya diketahui sejumlah malware atau virus komputer sengaja disebarkan melalui Facebook. Salah satunya adalah dengan menampilkan link video dengan gambar wanita yang tengah teler dengan seorang pria di kamar hotel berjudul “Wanita Mabuk Setelah Pesta“. Bagaimana cara membersihkannya jika terlanjur meng-klik link Facebook tersebut?
akzincom melakukan beberapa pengujian atau test terhadap penyebaran malware di Facebook melalui link video berjudul “Wanita Mabuk Setelah Pesta”. Belakangan muncul juga “Santri Mabuk Setelah Pesta”. Vaksincom menemukan bahwa program jahat tersebut memanfaatkan Google Chrome Extension dalam penyebarannya.
Penyebar malware ini cukup hebat karena Google Chrome Extension tersebut memiliki lebih dari satu versi. Semuanya mirip seperti sebuah situs berita dengan desain menyerupai situs video populer Youtube. Dalam situs ini, korban akan diminta untuk memasang sebuah plugin bernama “Atas Berita” untuk menonton video tersebut. Nah, plugin “Atas Berita” inilah yang menjadi “penjahat utama” dalam kasus malware ini.
Setiap pengguna Facebook yang meng-klik link “Wanita Mabuk Setelah Pesta” akan tertanam Google Chrome Extension jahat tersebut. Dengan sendirinya akun Facebook pengguna akan mengirimkan link yang sama ke teman-temannya. Hal ini bisa terjadi karena ekstensi ini memiliki hak untuk membaca dan mengubah semua data Anda di situs web yang dikunjungi. Demikian menurut Alfons dari Vaksincom.
Berikut cara menghapus malware yang berasal dari link Facebook “Wanita Mabuk Setelah Pesta”.
Jika terlanjur jadi korban link Facebook “Wanita Mabuk Setelah Pesta”, Vaksincom menyarankan untuk melakukan langkah-langkah ini:
Pengguna Google Chrome
1. Buka browser Google Chrome.
2. Akses Chrome Extension dengan mengetik: chrome://extensions.
3. Cari ekstensi dengan nama “Atas Berita” atau ekstensi lain yang dianggap mencurigakan.
4. Klik gambar tempat sampah di sebelah kanan dan klik tombol Hapus pada kotak “Konfirmasi Penghapusan”.
5. Restart Google Chrome.
Setelah menjalankan langkah-langkah di atas, Vaksincom menyarankan bagi para korban untuk segera mengganti password akun Facebook.
Pengguna Firefox
1. Buka browser Firefox Anda, lalu ketikkan di address bar “about:addons” (tanpa tanda kutip)
2. Pilih “Extensions” dan cari file inject dengan nama “Fullscreen 4.0” (lihat gambar)
3. Hapus extensi “Fullscreen 4.0″ tersebut dan restart Firefox Anda.

Segera ganti password akun Facebook.