Selasa, 15 September 2015

Solusi Komputer yang Sering Restart

1. kemungkinan serangan virus, coba scan dengan antivirus yang telah terupdate dengan update terbaru. Kalau ditemukan virus bisa jadi problem bisa selesai.
2. Kalau tidak ada masalah dengan virus, coba kamu cek scheduled task pada windows anda. lihat ada tidak yang memerintahkan untuk restart? Bisanya juga pada softwere yang baru diinstall sering gagal memerintah hardware dan restart. Tempatnya di start-accessories-system tools. Kalau perlu uninstall software terakhir yang kamu install sebelum sering restart.
3. Kalau tidak ada masalah dengan software, coba cek aliran udara casing kamu. Pada saat panas berlebihan pada processor, biasanya mainboard akan merestart komputer dengan sendirinya. Coba kamu buka penutupnya dan beri kipas angin. Kalau kamu sedang main-main dengan overlock kamu matikan dulu. Kalau dengan cara seperti ini tidak restart lagi, anda harus beli fan casing tambahan agar aliran udara di casing lebih segar.
4. Berikutnya kalau masih juga restart coba kamu cek konsumsi listrik CPU kamu. Biasanya kalau power supply type lama tidak kuat menyalakan mainboard dengan processor LGA, komputer akan restart sendiri atau malah mati dan tidak mau nyala saat mengfungsikan beberapa hardware atau pada saat komputer kerja keras. Karena itu coba dengan mengganti power supply kamu dengan merek yang lebih terpercaya. Kebutuhan standart itu 450W murni, bukan tulisan dilabelnya.
5. Kalau sudah discan, di ganti atau dicek power supplynya dan sudah dibuka dan diberi kipas angin masih restart sendiri, kamu bawa ke service computer saja, sebab bisa jadi masalah di mainboard anda. Hal ini hanya bisa diselesaikan oleh teknisi atau penjualnya (kalau ada garansi).