Kamis, 24 September 2015

Belajar hp ( Pembagian diagram blok pada ponsel ) secara mendasar

Bagian-bagian HP yang di kelompokan berdasarkan diagram blok




Diagram blok hp terdiri dari beberapa bagian, meskipun struktur kerja hp di bagi dalam beberapa blok namun secara Kerja sistem hp bekerja berbarengan tidak ada blok yang bisa bekerja sendiri-sendiri, Semua blok bekerja berbarengan demi membentuk 1 Tujuan yaitu Melakukan Fungsi-fungsi hp seperti Fungsi SMS, Fungsi Telpon dan fitur-fiture tambahan lain nya yang sekarang mulai di masukan ke dalam ponsel ( Kamera, MP3 dll ).

Secara penggolongan diagaram blok HP bisa di gambarkan sebagai berikut : 

1. Bagian Tegangan HP

Bagian tegangan berfungsi sebagai Pemberi tenaga atau supply tegangan ke pada semua komponen terkait seperti Lampu LCD hp, Audio HP dan beberapa bagian lain nya.

2. Bagian signal ( RX / sinyal pengirim dan RX / penerima sinyal data hp ) 

bagian signal merupakan bagian penting pada fungsi sebenarnya hp, yaitu sebagai pembawa sinyal perintah baik itu sms dan suara atau audio.

3. Bagian Data ( Operating sistem ) 

bagian ini berfungsi sebagai pengolah sinyal masukan hp ( keypad dan audio / suara ) yang kemudian akan mengolah menjadi data signal digital yang akan di kirimkan oleh bagian TX hp ( bagian pemancar hp ).
4. Bagian audio ( Suara )
Bagian ini berfungsi sebagai pengubah data di gital menjadi data analog yang kemudian di terjemahkan oleh speaker / buzzer hp

Penjelasan Bagian Tegangan HP 

1. System kerja Tegangan pada hp
Saat HP dalam keadaan mati Baterai HP sudah memberi supply tegangan kebeberapa bagian yaitu antara lain : IC PA hp, IC Regulator hp, IC Charging hp, IC Interface hp.
2. IC power / IC regulator membagi tegangan, mengubah tegangan dan membesarkan tegangan ( inverter ) yang masuk dari baterai kemudian membagi nya kebeberapa bagian seperti CPU.
3. Saat CPU hp di tekan power on, CPU mendapatkan Tegangan negatif dari IC Regulator Kemudian CPU memerintahkan balik Supaya IC Power HP bekerja secara keseluruhan dan mensupply semua tegangan yang di butuhkan oleh setiap blok diagaram hp.
4. Dalam Pengisian ulang atau process charging hp, Arus dan tegangan dari charger hp masuk melalui sikring atau fuse, fungsi sikring atau fuse ini sebagai pengaman atau pembatas di kala tegangan yang masuk dari charger keluar secara berlebih dari spec yang di inginkan oleh IC charger tersebut, maka Sikring atau fuse akan putus.
5. Arus yang masuk dari charger akan di olah oleh IC charging dan di teruskan kembali kepada Baterai untuk memenuhi process pengisian baterai
6. IC power hp bekerja ketika di beri perintah ON oleh CPU namun Tegangan standby tetap ada yang di keluarkan oleh IC power
7. Kerusakan pada IC power akan menyebabkan HP mati total karena tidak ada sama sekali tegangan yang di keluarkan oleh IC tersebut, Baik itu Tegangan kerja yang di hasilkan setelah di perintah ON CPU, atau pun tegangan standby.