Minggu, 06 September 2015

Menghindari Baterai Palsu Saat Ingin Membeli Baterai HP

[​IMG]

Bagi anda pemilik HP pasti tidak ingin tertipu apabila ingin membeli sebuah baterai baru untuk HP anda. Faktor umur atau pola charging yang kurang dipahami atau karena pemakaian adalah faktor utama baterai anda menjadi drop atau tidak bisa lagi menyuplai daya ke HP. Kalau sudah begini, mau tidak mau adalah anda harus mengganti baterai HP anda.

Dipasaran, banyak sekali pilihan merk baterai, bagi anda yang mempunyai cukup uang, tentu tidak jadi soal apabila ingin membeli baterai yang original. Bagi anda yang uangnya pas-pasan tentu bingung memilih baterai yang bagus. Tidak ada salahnya anda membeli baterai non-ori, asalkan asal-usul baterai jelas dan sesuai dengan spesifikasi baterai yang diperuntukkan untuk HP yang Anda gunakan.

Yang harus anda waspadai adalah baterai palsu, alias baterai non-ori yang sengaja diberi label merk original. Tipe baterai palsu inilah yang kerap malah membuat performa HP Anda tambah payah, tak lain karena kekuatan arus yang tidak stabil membuat baterai cepat menurun kekuatannya. Umumnya baterai-baterai palsu banyak beredar untuk merek hape yang sedang populer, contohnya baterai palsu BlackBerry, Samsung, dan masih banyak lagi. Agar tak salah beli baterai, ada baiknya perhatikan tips berikut ini:



  • Ketahui harga produk
Biasanya harga baterai palsu jauh lebih murah dari harga baterai asli, tapi jangan terkecoh juga dengan harga baterai yang dijual mahal, karena demi meyakinkan pembeli, kadang pedagang menjual baterai palsu dengan harga yang tak berbeda jauh dengan harga baterai original. Kasus ini sering dijumpai pada baterai BlackBerry. Pedagangan umumnya menyebutnya dengan istilah beterai OC (original Cina).

  • Perhatikan teks pada label
Kenali baterai palsu dari kemasannya yang ada pada label belakang pack baterai. Pada baterai palsu hasil cetakan label tidak bagus dan agak buram. Cobalah usap permukaan label dengan jari tangan, jika mudah hilang teksnya dipastikan baterai itu palsu, bukan dari pabrik resminya.

  • Teliti stempel pada pack baterai original
Kebanyakan baterai memang dibuat di Cina, termasuk yang original. Jadi tidak berlebihan jika banyak pedagang menambahkan stempel made in Cina atau kw (kualitas)-1 didalam pack baterainya. Hal ini harus ditanyakan kepada pedagang, apakah disertakan bersama produknya atau dicetak kemudian. Beberapa produk kw-1 sebenarnya bagus juga tapi banyak pedagang telah mencampurnya dengan produk kw-2 , 3 dan seterusnya. Pedagang kerap memisahkan baterai original pada paket penjualan, untuk ditukar dengan baterai OC, sebaliknya baterai original justru di packing untuk dijual terpisah dengan harga lebih mahal.

  • Lihat hologram pada pada baterai
Untuk menempelkan hologram pada baterai palsu ini bukanlah hal yang sulit. Pedagang ponsel bisa mendapatkan dari penjual khusus hologram. Bentuk dan ukuran mirip dengan yang asli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar